Sunday 10 August 2014

KONVERSI ENERGI ELEKTROMEKANIK

          Konversi energi baik energi listrik menjadi energi mekanik (motor) maupun sebaliknya dari energi mekanik menjadi energi listrik (generator) berlangsung melalui medium medan magnet. Energi yang akan diubah dari satu sistem ke sistem lainnya, sementara akan tersimpan pada medium medan magnet untuk kemudian dilepaskan menjadi energi sistem lainnya. Dengan demikian, medan magnet disini selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan energi juga sekaligus sebagai medium untuk mengkopel proses perubahan energi.


          Dengan mengingat hukum kekekalan energi, proses konversi energi elektromekanik (dalam hal ini sebagai aksi motor) dapat dinyatakan sebagai berikut:

  • Energi listrik sebagai input = Energi mekanik sebagai output + Energi yang diubah menjadi panas + Energi tersimpan pada medan magnet.
atau setelah ∑ rugi dikelompokkan:
  • Energi litrik minus rugi tahanan = Energi mekanik minus rugi gesekan + Energi tersimpan pada medan magnet plus ∑ rugi yang menyertainya.
atau dalam bentuk diferensial

dWE = dWm + dWf

Di atas telah diterangkan bahwa energi yang diubah dari satu ke lain sistem akan disimpan sementara pada medium medan magnet untuk kemudian dilepaskan menjadi energi sistem lainnya dan secara matematika dinyatakan oleh persamaan diferensial.

dWE = dWm + dWf  (untuk aksi motor)

Hal tersebut diatas hanya berlaku ketika proses konversi energi sedang berlangsung, artinya berlaku untuk keadaan dinamis yang transien. Untuk keadaan tunak, dimana fluks merupakan harga yang konstan, maka:

dWF = 0
dWE = dWM


No comments:

Post a Comment