Wednesday 13 August 2014

DASAR ALGORITMA DAN SEJARAH

          Istilah Algoritma (Algorithm dalam bahasa inggris) berasal kata Al-Khwarizmi dari nama seorang matematikawan persia (Iran) dengan nama lengkapnya Muhammad bin Musa Al-Khwarizmi (780 M-850 M). Pendekatan sistematisnya dalam penyelesaian masalah linier dan kuadratis yang dituangkan dalam buku dengan judul al-Kitab al-mukhtasar fi hisab al-jabr wa';-muqabala (The Compendious Book on Calculation by Completion and Balancing) telah menginspirasi dunia keilmuan modern yang menjadi salah satu dasar ilmu komputer.

          Algoritma menurut bahasa sehari-hari adalah kumpulan serangkaian intruksi untuk penyelesaian masalah. Algoritma sering disebut dengan prosedur atau tata cara atau sistematika. Contohnya: cara mencuci baju, cara membuat teh, cara menuju pulang kerumah. Menurut defenisi khusus Algoritma adalah serangkaian kumpulan operasi/instruksi yang tidak ambigu (tidak punya makna ganda) yang dapat dihitung dan ketika di eksekusi/jalankan akan mengeluarkan output/hasil yang selesai dalam waktu tertentu.

          Berdasarkan definisi khusus diatas, Algoritma dapat dibagi kedalam 5 karakteristik:

  1. Algoritma tersusun dalam urutan langkah yang teratur.
  2. Algoritma terdiri dari operasi yang tidak ambigu.
  3. Algoritma terdiri dari operasi yang dapat dihitung.
  4. Algoritma menghasilkan output/keluaran.
  5. Algoritma akan selesai dalam batasan waktu tertentu. 
          Menurut defenisi lainnya, Algoritma adalah alur pemikiran dalam menyelesaikan suatu pekerjaan yang dituangkan secara tertulis. Berdasarkan defenisi tersebut, Algoritma terdiri dari dua karakteristik:
  1. Alur pikir, karena alur pikir manusia beragam. Suatu algoritma untuk penyelesaian suatu pekerjaan yang sama bisa berbeda antara satu orang dengan yang lainnya.
  2. Tertulis, alur pikir bisa dituangkan dalam bentuk kalimat, gambar, atau tabel.
Contoh deskripsi dengan gambar: Cara Memasak Nasi

Contoh deskripsi secara kalimat: Cara Mencuci Pakaian
  • Pilihlah pakaian yang hendak dicuci dan masukkan kedalam ember.
  • Apakah Anda menggunakan mesin cuci? jika iya kerjakan langkah 1, kalau tidak dan ingin mencuci dengan tenaga sendiri kerjakan langkah 2. 
  1.  Masukkan baju kedalam bak mesin cuci, lalu isikan air beserta dengan deterjen. Hidupkan mesin dan atur waktu yang diinginkan. Jika sudah, buang air yang telah dipakai tadi lalu isi kembali dengan air yang bersih agar dapat dibilas. 
  2. Isi air kedalam ember beserta dengan deterjen, lalu diamkan beberapa menit. Kemudian sikat semua pakaian lalu bilas dengan air bersih. 
  • Setelah itu, jemur pakaian tersebut diluar rumah agar dapat terkena cahaya matahari.
Contoh deskripsi secara diagram alir (flowchart): Cara Memasak Nasi

No comments:

Post a Comment