Saturday 23 August 2014

BAHAN PARAMAGNETIK

          Bahan Paramagnetik bersifat memperkuat medan magnet, bahan yang momen dipool (arus listrik yang melingkar) magnet atomnya tidak nol bersifat Paramagnetik. Di dalam medan magnet, dipool-dipool magnet atom bahan ferromagnetik akan terorientasi mengikuti arah medan magnet, yakni kutub utaranya akan mengarah pada arah medan magnet, sedangkan kutub selatannya pada arah sebaliknya. Hampir sama dengan dipool listrik molekul-molekul dielektrikum didalam medan listrik.


           Berbeda dengan dipool listrik di dalam medan listrik yang menampilkan garis gaya medan listrik yang arahnya berlawanan dengan arah medan listrik yang dikenakan, maka garis gaya dari dipool magnet di dalam medan magnet itu sebagian besar berada pada arah yang sama dengan arah medan magnet yang dikenakan karena sifat rotasional garis gaya medan magnet itu sehingga di dalam dipool magnet arah garis gaya itu bukan dari utara ke selatan melainkan sebaliknya dari selatan ke utara.

          Dengan demikian bahan Paramagnetik itu menambah kerapatan garis gaya medan magnet yang dikenakan, yang berart akan memperkuat medan magnet.

No comments:

Post a Comment